top of page
Search
  • widyawidyaindo

Kenapa Kita Harus Mengikuti Bimbel? Berikut Alasannya



Pengertian Bimbel


Bimbel adalah singkatan dari bimbingan belajar, yaitu kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga atau institusi. Bimbingan belajar memberikan layanan belajar secara privat, dimana biasanya guru atau tutor hanya akan mengajar beberapa murid saja, tidak seperti di sekolah yang satu kelas bisa mencapai 30an murid.


Tujuan bimbel sendiri adalah untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi-materi yang telah dipelajari oleh siswa di sekolah. Ada beberapa alasan untuk kita harus mengikuti bimbel seperti berikut ini :



Asalan Mengikuti Bimbel



Efisiensi Waktu


Salah satu fungsi bimbel adalah agar bisa megefisiensikan serta memanfaatkan waktu luang yang kita punya. Contohnya dengan belajar, diskusi tugas dengan tutor bimbel kita agar lebih mudah memahami materi.


Dengan efisiensi waktu tersebut, kita bisa meningkatkkan proses belajar agar lebih maksimal, terlebih biasanya penyedia bimbel memiliki metode belajar yang unik sehingga tidak membuat kita bosan saat belajar.



Meningkatkan Semangat Belajar


Alasan yang kedua kenapa kita harus mengikuti bimbel adalah agar kita bisa lebih semangat lagi untuk belajar. Seperti yang kita ketahui dan alami, apabila sudah pulang sekolah dan bermain dengan gadget, rasa malas akan datang dan belajarpun akan terabaikan.


Nah dengan mengikuti bimbel apalagi yang mengasikan, pastinya akan menambah semangat belajar bagi kita. Tentunya kita juga harus memilih bimbel yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik belajar kita.


Persaingan antar siswa di bimbel juga bisa menambah semangat belajar kita loh. Cobain aja deh.



Problem Solver yang Tepat


Nah salah satu fungsi dan tujuan kita mengikuti bimbel pastinya ingin memecahkan berbagai masalah yang dihadapi saat memahami materi belajar dari sekolah. Dengan mengikuti bimbel kita bertanya dan belajar langsung dengan tutor secara privat untuk memecahkan masalah belajar kita. Karena bimbel itu sama dengan les privat, sehingga proses memahami materi juga akan lebih mudah karena kita berdiskusi langsung dengan para tutornya.



Dapat Koneksi Baru


Alasan selanjutnya kenapa kita harus mengikuti bimbel adalah agar bisa mendapatkan banyak teman atau koneksi. Apalagi kita yang mengikuti bimbel sbmptn, atau bimbel ukom pastinya koneksi itu sangat penting untuk proses belajar kita kedepannya.



Dengan adanya teman baru, kita juga akan mendapatkan semangat belajar yang lebih, karena lingkungan kita yang positif dan gemar belajar. Ingat pepatah apabila kita berteman dengan tukang parfume maka akan ikut wangi juga? ya kurang lebih seperti itulah anaologinya.



Mengukur Kemampuan Akademik


Nah terakhir nih, keuntungan bimbel yang bisa menjadi alasan bagi kita mengikutinya yaitu agar bisa meningkatakn kemampuan akademik. Dengan mengikuti bimbel kita akan belajar secara privat, sehingga materi-materi belajar akan tersampaikan dengan baik. Selain itu apabila kita ada kesusahan dan pertanyaan, ada tutor yang siap membantu menjelaskannya dengan gamblang.


Pastinya dengan berbagai previlage tersebut, nilai akademik kita akan meningkat. Tapi ya balik lagi dengan kemampuan masing-masing ya, kalau sudah mengikuti bimbel terus nilai akademiknya masih kurang bagus, ya perlu di evaluasi lagi, apakah dari bimbelnya yang kurang tepat atau kitanya yang lemot hehe.


17 views0 comments

Comments


bottom of page