top of page
Search
  • widyawidyaindo

Perubahan Cara Belajar Pada Setiap Jenjang Pendidikan



Seiring meningkatnya suatu jenjang pendidikan seseorang, maka cara belajar dan proses pembelajaran seseorang tersebut juga akan berubah untuk menyesuaikan diri mengikuti metode pembelajaran yang diterapkan pada setiap jenjang pendidikan yang sedang mereka jalani, seperti di universitas ada yang namanya try out ukom namun dimasa SMA tidak ada. Mahasiswa di tahun pertama kuliah kedokteran merupakan mahasiswa peralihan dari masa SMA dengan metode teacher-centered menuju perkuliahan dengan metode student-centered.


Pendekatan problem based learning (PBL) adalah pembelajaran yang didasari oleh suatu masalah. Salah satu prinsip PBL sejalan dengan salah satu tujuan PBL, yaitu PBL diharapkan dapat mengembangkan keterampilan belajar mandiri. Pengembangan belajar mandiri butuh persiapan yang datang dari diri masing-masing dan lingkungan sekitar. Karena itu, muncul istilah kesiapan belajar mandiri (KBM).


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) telah menerapkan sistem pembelajaran KBK dengan menggunakan pendekatan problem based learning (PBL) sejak tahun 2008. Kurikulum pembelajaran di FK UMSU merupakan kurikulum blok. Kegiatan pada tiap blok meliputi kuliah, praktikum, tutorial, program keluarga binaan kesehatan (PKBK) dan keterampilan klinis dasar (KKD). Pada mahasiswa fakultas kedokteran UMSU, prestasi akademik yang pertama kali diraih adalah nilai blok pertama pada semester pertama perkuliahan.


Blok pertama yang dilalui merupakan blok study skills dengan durasi pembelajaran selama kurang lebih 5 minggu. Blok pertama ini merupakan bagian dari fase kedokteran dasar. Gambaran nilai blok pertama di FK UMSU selama ini juga sangat beragam. Pada angkatan 2016 persentase mahasiswa yang tidak lulus blok pertama adalah sebesar 10% dan pada angkatan 2017 adalah sebesar 15%. Mahasiswa yang tidak lulus blok pertama biasanya disebabkan oleh tingkat kesiapan belajar mandiri yang masih rendah.


Zulharman meneliti peran KBM terhadap prestasi belajar pada mahasiswa tahun pertama di FK Universitas Riau pada tahun 2008 dan yang akan mengikuti try out ukom gratis . Peneliti mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara KBM dengan prestasi belajar mahasiswa tahun pertama di FK Universitas Riau. Penelitian serupa pernah di lakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa FK UNILA memiliki tingkat kesiapan belajar mandiri yang tinggi dan berbanding lurus dengan hasil ujian akhir blok. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui hubungan kesiapan belajar mandiri terhadap nilai blok pertama pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tahun ajaran 2018/2019.

3 views0 comments

Comments


bottom of page